Sabtu, 12 November 2016

Pengertian Ekonomi

Ilmu ekonomi muncul karena adanya persoalan yang dihadapi oleh manusia dalam hal penemuhan kebutuhan hidup, masalah dalam pemenuhan kebutuhan ini terjadi karena adanya beberapa kenyataan yang dihadapi yaitu "kebutuhan manusia yang terus berkembang dan relatif tidak terbatas" dan "alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan (sumberdaya) yang terbatas". kedua kenyataan yang saling bertolak belakang itu tentu menciptakan masalah, masalah yang dihadapi adalah bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan dengan alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas? masalah ini membutuhkan pemecahan, dan kemudian muncullah ilmu ekonomi sebagai suatu bidang kajian yang mempelajari bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhannya.


Menurut istilah, ekonomi ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti keluarga, rumah tangga, dan nomos yang berarti peraturan, hukum. sehingga bisa dikatakan arti dari istilah ekonomi adalah aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.

Secara umum bisa kita katakan ilmu ekonomi adalah suatu ilmu pengetauan yang mempelajari bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhannya sebagai usaha untuk mendapatkan kesejahteraan hidup dengan keterbatasan sumberdaya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, distribusi, ataupun konsumsi.

Banyak para ahli yang mendefinisikan ilmu ekonomi, diantaranya : 
  1. Tokoh-tokoh aliran klasik, tokoh-tokoh ini menekankan pada bagaimana ekonomi sebagai suatu ilmu kekayaan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan bagaimana cara-cara yang digunakan untuk mendapatkan kekayaan tersebut.
    Adam Smith (1723-1790), mendefinisikan ekonomi sebagai kajian tentang sebab-sebab terjadinya kekayaan.
    David Ricardo (1772-1823), mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai suatu kajian tentang hukum berbagai jenis golongan masyarakat.
    J.S. Mill (1806-1873), mendefinisikan ekonomi sebagai suatu ilmu yang berhubungan dengan pengeluaran hasil negara.
  2. Toko-tokoh aliran neo-klasik, Para ahli ekonomi neo-klasik memberi penekanan kepada kebajikan manusia. Kekayaan material dianggap sebagai sumber kebajikan manusia atau merupakan alat untuk mencapai tujuan dan bukannya kekayaan itu sendiri sebagai tujuan.
    Alfred Marshall, mendefinisikan ekonomi sebagai suatu kajian tentang kelakuan manusia yang berkaitan dengan cara mereka mendapatkan dan menggunakan barang-barang kebutuhan
    Edwin Cannan, menyatakan tujuan ilmu ekonomi adalah untuk menerangkan faktor-faktor umum yang menentukan kabajikan material
    A. C. Pigou, menerangkan ilmu ekonomi ialah satu kajian untuk menambahkan jumlah pengeluaran untuk meningkatkan taraf hidup
    Willian Beveridge, mendefinisikan ekonomi sebagai suatu kajian tentang cara manusia bekerjasama untuk mendapatkan keperluan material.
  3. Ekonomi moeren, adalah suatu kajian ilmu sosial yang fokus terhadap bagaimana masyarakat memilih dan menggunakan sumber-sumber pengeluaran yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak terbatas.
    Lionel Robbins, yang mendefinisikan ekonomi ialah suatu ilmu yang mengkaji tingkah laku manusia yang berhubungan dengan kehendak mereka yang tidak terbatas dengan sumber-sumber terbatas dengan memaksimalkan kegunaan (utility).
    Lionel Robbins membuat definisi ini berdasarkan empat ciri dasar kehidupan manusia yaitu:
    -   Manusia mempunyai kehendak untuk dipenuhi.
    -   Alat (uang) untuk memenuhi kehendak tersebut terbatas.
    -   Sumber yang terbatas digunakan untuk beberapa pilihan kegunaan.
    -   Manusia perlu membuat pilihan
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Support