Sabtu, 12 November 2016

Pengertian Akuntansi

Bila ditinjau dari segi bahasa, istilah akuntansi ini berasal dari kata to account yang berarti memperhitungkan atau mempertanggung jawabkan. Istilah account kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi akun atau perkiraan.


Sampai saat ini walaupun banyak yang telah mendefinisikan akuntansi, namun definisi yang mencakup pengertian akuntansi secara keseluruhan bisa dikatakan belum ada. salah satu definisi yang ada saat ini adalah yang dikeluarkan oleh AICPA (American Institute of Certified Public Accountants) yang mendefinisikan akuntansi dari sudut pandang kegiata jasa.

Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang fungsinya adalah menyediakan data kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat keuangan, dari kesatuan usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memilih alternatif-alternatif dari suatu keadaan.

Ada pula yang mengartikan akuntansi dari sudut pandang rangkaian prosedur :

Akuntansi adalah suatu teknik atau seni (art) untuk mencatat, menggolongkan, dan menyimpulkan transaksi-transaksi atau kejadian-kejadian yang mempunyai sifat keuangan, dalam nilai mata uang serta menganalisis hasil dari teknik tersebut.

Fungsi pokok akuntansi dalam masyarakat ekonomi modern adalah untuk mengumpulkan dan menghubung-hubungkan informasi yang diperlukan untuk mendapatkan gambaran dari aktifitas perusahaan, dalam bentuk perusahaan perseorangan, firma, ataupun perseroan badan-badan yang tidak bersifat mencari keuntungan (nonprofit organization), yang kemudian dapat digunakan oleh para pemakai informasi akuntansi untuk membuat keputusan-keputusan ekonomi.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Support